Tajwid Surat An Nahl 78

Surat An Nahl ayat 78 adalah suatu ayat yang menjelaskan kepada kita semuanya bahwa kita semuanya di lahirkan dari perut seorang ibu dan tidak mengetahui apa - apa. Alloh dalam hal ini memberikan manusia berupa pendengaran, penglihatan dan hati nurani supaya bisa mengetahui segala sesuatu agar manusia itu bersyukur kepada Alloh yang Maha Memberi.
Itulah sedikit pejelasan dari ayat 78 surat An Nahl.
Selanjutnya masrozakdotcom akan membahas tajwidnya, yaitu Tajwid Surat An Nahl 78. Mudah - mudahan kita semua bisa bersyukur dengan segala seuatu yang sudah di berikan kepada kita termasuk kemampuan untuk belajar dan juga bisa mengerti tentang tajwidnya. aamiin.

Silahkn bisa di dilihat juga pembahasan tajwid yang lainnya, Tajwid Surat Ali Imron Ayat 159 atau tajwid yang labih lengkap disini.

Sebelum kita membahas tajwid yang ada pada Surat An Nahl 78 sebaiknya kita melihat terlebih dahulu ayat dan terjemahannya.

Surat An Nahl 78


Seperti sedikit penjelasan di atas bisa kita lihat dan baca terjemahnnya, yaitu kita terlahir dari rahim ibu tanpa mengetahui sesuatupun namun dengan kemaha angunganNya kita diberikan pendengaran, penglihatan dan hati tujuannya supaya bersyukur.

Oke setelah kita membaca dan sedikit mengulas terjemahannya selanjutnya adalah menguraikan tajwidnya.

Tajwid Surat An Nahl 78


Saatnyalah kita sama - sama membahas tajwidnya, untuk itu perhatikanlah ayat berikut ini yang sudah diberikan tanda berupa lingkaran, kotak dan garis.


Perhatikan ayat di atas yang sudah memiliki berbagai tanda marilah kita sebutkan satu persatu tajwidnya

1. Lingkaran berwarna hijau tajwidnya adalah lamjalalah tafhim mungkin ada juga yang menyebutnya dengan tafhim saja. Artinya di baca tebal.
2. Garis berwarna merah muda tajwidnya adalah idgom mutamasilen atau disebut juga idgom mimi. Karena huruf mim suku bertemu dengan huruf mim.
3. Lingkaran berwarna biru tajwidnya adalah iklab hanya ada satu saja huruf iklab yaitu BA. Jadi apabila nun suku atau tanwin bertemu dengan huruf BA maka tajwidnya adalah iklab. Silahkan bisa di lihat disini untuk lebih jelasnya Iklab
4. Garis berwarna oranye tajwidnya adalah idhar safawi ingin lebih jelas tentang idhar safawi bisa di baca pada penjelasan berikut ini Cara membaca Mim sukun.
5. Garis berwarna ungu tajwidnya adalah mad thobi'i
6. Garis berwarna kuning tajwidnya adalah mad lin
7. Kotak berwarna merah muda tajwidnya adalah idgom bigunah
8. Garis berwarna hijau tajwidnya adalah alif lam syamsiah
9. Garis berwarna coklat tajwidnya adalah Alif lam komariah
10. Ketinggaan satu lagi yang sudah diberikan tanda lingkaran berwarna merah muda tajwidnya adalah gunnah.


Mungkin membantu anda untuk membedakan jenis idgom silahkan lihat disini 3 macam idgom yang berbeda.
Serta Idgom bigunah

Demikian pembahasan tentang Tajwid Surat An Nahl 78, mudah - mudahan jadi pembelajaran yang baik bagi kita semuanya. aamiin.

Silahkan follow  Supaya mendapatkan update terbaru pembahasan tajwid seperti ini.





Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tajwid Surat An Nahl 78"