Tajwid Surat Al Baqoroh Ayat 258

Masrozakdotcom berbagi tajwid, tajwid kali ini yang dibagikan adalah tajwid pada Surat Al Baqoroh Ayat 258. Pembahasan sebelumnya adalah Tajwid Surat Al Baqoroh Ayat 164 ( penulisan ejaan lainnya adalah Tajwid Surat Al Baqarah ayat 164), silahkan bisa di kunjungi atau silahkan melihat site maps atau daftar isi pada bagian hider web ini.

Oke sebelum masrozak membahas tajwidnya kita tengok terlebih dahulu ayat dan terjemahannya

Surat Al Baqoroh Ayat 258

 


Terjemahannya :
Tidakkah kamu memperhatikan orang yang telah mendebat Ibrahim mengenai Tuhannya, hanya karena Alloh telah memberikan kepada orang itu kerajaan ( kekuasaan ). Ketika Ibrohim berkata :" Tuhanku ialah yang menghidupkan dan mematikan." dia berkata :" Akupun bisa menghidupkan dan mematikan." Ibrahim berkata :"Sesungguhnya Alloh menerbitkan matahari dari timur maka terbitkanlah ia dari barat." maka terdiamlah orang kafir itu. Alloh tidak memberi petunjuk kepada orang - orang dzolim.


Pada waktu itu raja Namruz yang berani mendebat tentang kekuasaan Alloh yang sudah jelas yang sudah di sampaikan nabi Ibrohim as, dengan mengatakan akupun bisa menghidupkan dan mematikan, padahal dia melakukannya dengan cara membunuh sebagian orang dan membiarkan sebagian orang tetap hidup.
Kemudian diberikan tantangan yang lainnya, yaitu menerbitkan matahari dari barat, Namruz ini tidak bisa apa - apa hanya bisa terdiam saja.
Maka terbuktilah omongan raja nabruz itu adalah dusta belaka.


Okeh setelah mengulas sedikit kisahnya masrozak lanjutkan kepada tajwidnya

Tajwid Mad Thibi'i Pada Surat Al Baqarah Ayat 258

Masrozakdotcom kali ini hanya akan membahas tentang madthobi'inya saja untuk pembahasan yang lainnya silahkan bisa di tanyakan melalui kolom komentar atau kontak.

Oke perhatikan ayat yang sudah diberikan tanda berikut ini.



Untuk methobi'i yang ada pada ayat ini sudah masrozakdotcom berikan tanda garis warna ungu.
Sebagai contoh
Pada kata Al Ladzii, setelah kata dzi ada huruf ya sukun namun tanda sukun pada huruf ya tidak tampak karena huruf ya sudah jelas. Pada ayat ini jika ada huruf ya tanpa tanda artinya ya tersebut adalah sukun.


Begitupun pada madthobi'i alif alif sukun hanya di ganti dengan tanda alif berdiri.
Sebagai contoh
Pada kata ROO alif sukun di ganti dengan tanda fathah kecil berdiri.

Demikian pembahasan tajiwd madthobi'i pada Surat Al Baqoroh Ayat 258, mudah - mudahan bisa dimengerti.

Catatan bisa jadi cetakan alqur'an berbeda namun tajwidnya akan tetap sama.

Silahkan lihat tajiwd ayat lainnya Tajwid Surat Ali Imron Ayat 159


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tajwid Surat Al Baqoroh Ayat 258"

Posting Komentar