Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Data Perkembangan 10 Komiditi Export Indonesia Yang Bisa Bikin Indonesia Maju

Indonesia sebetulnya sangatlah hebat, terbukti dari berbegai temuan penting telah ditorehkan oleh anak - anak indonesia lihat saja pada sebuah tulisan berikut ini Penemuan Anak bangsa yang Sangat Hebat. Atau pujian dari negara lain tentang temuan Yogy Ahmad Erlangga. Dan masih banyak lagi tentang kehebatan Indonesia.
Termasuk dalam hal export, indonesia sebetulnya memiliki kekuatan dalam hal export. Terbukti menurut sejarah yang kita anut bahwa Belanda hebat gara - gara produk dari indonesia. Masih ingatkan mereka dulu menjajah sampai 350 tahun? Tentu itu semua adalah hasil expor indonesia.
Untuk itulah sampai sekarangpun indonesia sebetulnya masih sangat berpotensi berjaya dalam hal export. Meskipun pemberitaan banyaknya tentang impor, itu memang betul tapi sebetulnya indonesia harusnya berjaya dengan export. Perhatikan data berikut ini 10 Komiditi Export Indonesia.

Dari ke 10 data komoditi tersebut terbagi dalam dua macam, yaitu komoditi utama dan komoditi petensial. Oke mari kita sama - sama perhatikan komoditi tersebut apa saja sih?

10 Momoditi Utama Ekport Indonesia

1. TPT 


TPT adalah tektil dan produk tekstil, sudah sangat terkenal sekali dan negara tujuannya adalah AMERIKA SERIKAT, JEPANG, JERMAN, TURKI, KOREA SELATAN, INGGRIS, UNI EMIRAT ARAB, REP.RAKYAT TIONGKOK, BRASILIA, MALAYSIA, BELGIA, ITALIA, BELANDA, SPANYOL, KANADA, SAUDI ARABIA, THAILAND, PERANCIS, VIETNAM, TAIWAN.

Banyak bukan?

Ingin tahu volume exportnya?
Data Export TPT 

2. Elektronik

Produk utama export indonesia juga banyak di bidang elektronik negara yang menjadi tujuannya juga banyak loh. Ini dia SINGAPURA, AMERIKA SERIKAT, JEPANG, HONGKONG, REP.RAKYAT TIONGKOK, JERMAN, MALAYSIA, BELANDA, KOREA SELATAN, PILIPINA, PERANCIS, THAILAND, INDIA, AUSTRALIA, UNI EMIRAT ARAB, INGGRIS, TAIWAN, VIETNAM, BELGIA, ITALIA.

Ingin tahu juga volume expotnya?

Ini dia Volume export barang elektronik Indonesia ke negara - negara tersebut

Data Export Elektronik

3. Karet dan Produk Karet


Karet dan produk karet sudah banyak sekali diekport Indonesia, ini dia datanya.

Data Export karet dan produk karet
Data Export Karet dan Produk Karet

4. Sawit

Untuk sawit meski sebetulnya sangat berpotensi untuk dijadikan olahan lain tapi sawit merupakan export Indonesia.
Berikut data lengkapnya.
Data export Untuk Sawit


5. Produk Hasil Hutan

Data Export Hasil Hutan

6. Alas Kaki


Alas kaki seperti sepatu sandal dan lain - lain. Inipun menjadi produk utama export Indonesia saat ini. Dan berikut adalah data perkembangannya.
Data Export Indonesia Untuk Alas Kaki 


7. Otomotif


Indonesia adalah salah satu peng export produk otomotif terbukti dengan banyaknya perusahaan otomotif yang berdiri di kawasan industri di pulau jawa.
Berikut adalah data lengkap perkembangan export otomotif
Data export Otomotif

8. Udang

Udang adalah salah satu komoditi utama export Indonesia yang sangat diminati oleh negara lain.
Berikut adalah data export udang Indonesia.

Data Export Udang Indonesia

9. Kakao

Kakao atau biji coklat merupakan produk utama export indonesia, penasaran dengan datanya?
Berikut masrozakdotcom rangkum datanya.
Data Export Kakao Indonesia

10 Kopi


Yang kesepuluh yang menjadi komoditas utama export adalah kopi. Berikut dalah data lengkap export kopi Indonesia dan perkembangannya
Data Export kopi indonesia

Nah selain 10 komiditi utama yang sudah ada maka Indonesiapun memiliki 10 komiditi yang sangat potensial untuk dijadikan menu utama export. Berikut dalah menu potensial export Indonesia.

10 Komoditi Potensial Indonesia

1. Kulit Dan Produk Kulit

Kehebatan kualitas dan banyaknya produk kulit, menjadikannya menjadi menu potensial untuk di jadikan produk Exmport Indonesia. Selain itu juga perkembangannya cukup pesat. Permintaan negara - negara tetangga cukup tinggi akan kulit dan produk kulit ini. Berikut adalah datanya

2. Peralatan Medis

Untuk peralatan medis indonesia sudah banyak expor ke berbagai negara. Berikut data lengkapnya


3. Tanaman Obat

Untuk tanaman obat sangat berpotensi sekali menjadi rajanya, Karena Indoensia adalah negara tropis yang banyak di tanami tanaman obat.
Dan sudah waris mewarisi indonesia jago dalam ramuan jamu.
Untuk itulah tanaman obat di indonesia sudah banyak dilirik oleh negeri negeri tetangga.
Dan berikut adalah data lengkapnya permintaan akan tanaman obat.



4. Makanan Olahan

Banyak sekali makanan olahan di indonesia, makanan has setiap daerah sangat spesifik bukan hal yang tidak mungkin menjadi rajanya dalam hal citarasa.
Untuk olahan makanan indonesia sudah banyak di minta oleh luar negeri berikut data lengkapnya.


5. Minyak Atsiri

Berikut data export atau permintaan akan minyak atsiri dari indonesia.


6. Ikan dan produk perikanan

Ini sangat - sangat potensial sekali indonesia negeri kepulauan sangat banyak sekali ikannya. Hanya perlu pengendalian saja.
Berikut data lengkap untuk expor ikan dan produk perikanan yang terdata.


7. Kerajinan

Indonesia tinggi akan nilai seni, kerajian yang di hasilkan terbukti telah menembus pasar internasional. bukan hal yang tidak mungkin suatu saat nanti indonesia menjadi raja dalam hal kerajinan tangan di mata internasional.

8. Perhiasan

Untuk perhiasan sebetulnya sudah dari zaman dulu indonesia terkenal, terkenal dengan intannya, batu akiknya, mutiaranya dan lain - lain. Untuk itulah perhiasan adalah komoditi yang sangat potensial menjadikan indonesia menjadi jaya di kemudian hari.
Karena sampai saat ini permintaan akan perhiasan dari indonesia sangat menyegarkan.


9. Rempah Rempah

Indonesia adalah negeri rempah - rempah. Ingat penjajahan jaman dulu karena apa?
Rempah - rempah.
Ya sejenis rempah - rempah yang menjadi komoditi utama jaman dahulu kala yang berakibat pada penjajahan yang sangat lama.
Maka dari itu indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk hal ini. Berikut adaah data permintaan akan rempah - rempah.

10 Peralan Kantor


Saat ini mungkin kita mengira peralatan kantor banyak berasal dari Cina. Itu mungkin betul tapi jangan salah indonesiapun banyak melakukan expor benda - benda peralatan kantor. Tidak percaya?
Berikut adalah data lengkapnya.



Demikian Data Perkembangan 10 Komiditi Export Indonesia Yang Bisa Bikin Indonedia Maju. Mudah - mudahan anak muda mampu menangkap peluang yang hebat ini dan menjadikan indonesia betul betul menjadi macan asia, bahkan bukan macan asia saja melainkan macan dunia.

Sumber :
http://www.kemendag.go.id/id/economic-profile/10-main-and-potential-commodities/10-main-commodities
http://www.kemendag.go.id/id/economic-profile/10-main-and-potential-commodities/10-potential-commodities

Posting Komentar untuk "Data Perkembangan 10 Komiditi Export Indonesia Yang Bisa Bikin Indonesia Maju"