Hikmah Adanya Gerhana

Bismillaahirrohmanirrohiim

Gerhana matahari dan bulan adalah sesuatu yang periodik atau bisa berulang dalam kurun waktu tertentu, namun seberapa besar hal tersebut menjadi pelajaran bagi kita semua?
Masrozak dot com sedikit berbagi hikmah adanya gerhana.



Hikmah Adanya Gerhana


Masrozak dot com jadi teringat dengan ayat berikut ini
"Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya siang dan malam, barhtera yang berlayar di lautan, membawa apa yang berguna bagi manusia dan apa yang Alloh turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah matinya ( kering) dan Dia sebarkan dibumi itu segala jenis hewan dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi ; sungguh terdapat tanda - tanda ( keesaan dan kebesaran Alloh) bagi kaum yang memikirkan."  QS Al Baqoroh : 164

Kemudian ayat berikut ini
"dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa Lagi Maha Mengetahui." QS Yaasiin : 38

Dari kedua ayat tersebut masrozak dot com bisa mengambil sebuah hikmah yang mudah - mudahan bermanfaat khususnya babgi masrozak dot com dan umumnya bagi semua pembaca. Aamiin

Dari kedua ayat tersebut setidaknya memberikan beberapa gambaran yang sederhana yang cukup mennyentuh, yaitu :

1. Bahwa pada segala sesuatu yang ada dialam ini menunjukan ada suatu ilmu yang sangat besar sekali, bagi orang - orang yang berfikir.
Termasuk dalam hal ini adalah gerhana matahari. Bagi sebagian orang gerhana matahari mungkin menakutkan, mungkin biasa saja dan mungkin ada yang menganggap itu adalah sebuah ilmu pengetahuan yang luar biasa, sehingga dengan mengetahui rahasia yang terkandung di dalamnya bisa jadi hal tersebut bermanfaat bagi manusia.
Dengan berpikir seperti itu banyak orang yang datang jauh - jauh untuk menyaksikan gerhana matahari.
Sebagian orang juga ada yang berpikir jika gerhana matahari adalah saatnya untuk suatu ibadah langka, yaitu sholat gerhana matahari.
Yang jelas bahwa gerhana matahari ataupun bulan kedatangannya sangat has dan sangat teratur waktunya atau sangat periodik sekali.
Dengan demikian hal tersebut menunjukan bahwa keteraturan  tersebut adalah bukti bahwa alam ini diciptakan oleh yang maha kuasa yaitu Alloh.

2. Ternyata gerhana itu sekali lagi periodik datang dalam waktu tertentu dan konstan. Sehingga gambaran ayat di atas sangat menyentuh sekali "......dan matahari berjalan di tempat garis edarnya...."
Dan inipun sekali lagi membuktikan garis edar tersebut terjadi dengan suatu ketetapan yang luar biasa. Yaitu di tetapkan atau diciptakan oleh Alloh.
Luarbiasa.

Demikian sedikit pelajaran bagi masrozak dot com  Hikmah Adanya Gerhana adalah merupakan bukti adanya penciptaan yang sangat luarbiasa sekali..

Sesungguhnya matahari dan bulan keduanya menjadi bukti adanya Tuhan dan kekuasaanNya. Kedua gerhana terjadi bukan karena matinya seseorang dan tidak pula karena hidupnya seseorang, maka apabila kamu mengetahui kedua gerhana itu hendaklah kamu berdoa kepada Alloh dan sholat sampai habis gerhana itu. ( HR Bukhori Muslim)



Langganan Pembahasan Terbaru:

2 Responses to "Hikmah Adanya Gerhana "

  1. Blog dan artikelnya sangat bermanfaat sekali, sayang banget jika sampai terlewatkan :)

    BalasHapus