Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jumat Angan- Angat Manusia

Kemarin adalah hari jum'at merupakan hari raya mingguan umat islam. Setiap laki - laki muslim yang tidak ada halangan yang syar'i wajib melaksanakan solat jum'at. Bahkan diperintahkan untuk meninggalkan segala jual beli dan usaha, untuk segera melaksanakan solat jumat tersebut.
Bagi siapa yang meninggalkan 3 kali solat jumat karena lalai maka Alloh akan menutup hatinya.

Perintah Solat Jumat

Barikut adalah Perintah untuk melaksanakan solat Juma'at QS. Surat Al Jumuah :9


Kerugian Bagi yang tidak Melaksanakan Solat Jumat.


Sedangkan bagi siapa yang lalai tidak melaksanakan solat jumat 3 kali maka akan di tutup hatinya.


Nah itulah sekilas tentang kewajiban melaksanakan solat jum'at dan kerugian saat tidak melaksanakannya.
Di tutup pintu hati bukanlah perkara sepele karena cahaya keimanan, kebaikan munculnya dari hati. Jika hati itu di tutup maka kehidupan akan terasa menyempitkan dan banyak kegalauan.

Berikut adalah kutipan Khutbah Jumat tentang Angan - Angan Manusia.


Setelah khotib bersahadat dan bersolawat kepada nabi Muahmmad kemudian mengajak kepada kita semuanya untuk meningkatkan ketaqwaan, karena hanya orang bertaqwalah yang hidupnya bahagia dunia dan akhirat. Kemudian berlanjut tentang angan - angan manusia.

Angan - Angan Manusia

Dalam khutbah tersebut khotib menyampaikan jika angan - angan manusia itu banyak sekali.
Kebanyakan angan - angan manusia itu adalah meraih jabatan tinggi, istri - istri cantik dan harta berlimpah, rumah luas dan pasilitas mewah, dan berbagai kenikmatan dunia lainnya.
Disisi lain ada pula simiskin yang ingin kaya raya, ada si sakit yang ingin segera sembuh dari sakitnya dan ingin menikmati dunia.
Ada pula si kaya yang sangat benci terhadap kemiskinan tapi terus merasa dirinya miskin, sehingga semangat untuk menambah kekayaanya tidak pernah rapuh.
Dalam hal ini jadi teringat apa yang di sampaikan oleh Rosululloh SAW



Itulah gambaran angan - angan manusia yang masih hidup.

Namun akan lain halnya ketika manusia itu sudah meninggal dunia, akankah angan - angan nya waktu hidup tersebut masih melekat?

Kita perlu tahu jika meningalnya manusia ada berbagai macam, yaitu ada yang meninggalnya itu di harapkan oleh orang lain, ada yang meninggalnya ditangisi orang lain, ada yang meninggal itu orang soleh, ada yang meninggal itu orang baik, ada yang meninggal itu orang jahat dan lain -lain. Orang - orang seperti ini tentu saat meninggal memiliki angan - angan yang berbeda.

Orang soleh jika meninggal dan sudah diangkat dalam keranda maka akan berkata segeralah bawa aku sedangkan jika yang meninggal itu bukan orang soleh maka akan berkata celakalah kemana mereka akan membawanya.

Itulah gambaran angan - angan ketika orang sudah meninggal dunia dan akan segera di kuburkan. Sebagaimana keterangan berikut ini dalam sohih bukhori no 1380

 

Bagi mereka yang merasa banyak dosa dan salah akan menyesal telah datangnya kematian sehingga mereka akan meminta kembali hidup, sebagaimana firman Alloh



Namun sayang angan - angan untuk kembali kedunia tidak akan bisa terlaksana karena Alloh sudah menetapkan orang yang sudah meninggal dunia tidak bisa kembali ke dunia lagi.

Untuk itulah bagi kita yang masih di dunia angan - angan ini agar selalu memperbaiki amal kita untuk bekal nanti mengahadap Alloh SWT, mungpung masih ada waktu.
Mudah - mudahan kita yang masih di dunia ini di berikan kesempatan untuk selalu berbuat amal baik. Aamiin.


Nah itulah isi khutbah jumat kemarin yang menggugah, mengingatkan betapa nanti akan ada penyesalan jika tidak banyak berbuat kebaikan.
Mudah - mudahan saja kita semuanya bisa mengisi sisa umur yang kita tidak tahu berapa banyak lagi sisanya ini mengisinya dengan banyak hal yang bermanfaat dunia dan akhirat . aamiin.

Cukup sekian pembahasan tentang khutbah Jumat kemarin mudah - mudahan mejadikan kita makin takwa, aamiin.

Silahkan dowload atau menndengarka Khutbahnya disini Khutbah Jumat Angan- Angat Manusia


Posting Komentar untuk "Khutbah Jumat Angan- Angat Manusia"