Tips Melumasi Rantai Motor

Hari gini sangat banyak sekali orang yang memiliki motor, apalagi banyak sekali jasa kredit yang semakin mempermudah orang supaya memiliki kendaraan motor.
Namun tidak semua orang yang memiliki motor tau bagaimana cara merawat kendaraan tersebut.
Hal yang mungkin sering sekali di biarkan adalah rantai. Banyak pengguna motor membiarkan rantainya kering sehingga menyebabkan aus pada gearnya dan rantainya itu sendiri sehingga tidak jarang rantai bisa putus. Nah untuk itulah kali ini MasRozak dot COM ingin berbagi tips melumasi rantai motor supaya tidak kresek - kresek.



Tips Melumasi Rantai Motor

1. Waktu terbaik untuk melumasi rantai motor adalah saat motor baru saja melakukan perjalanan, selagi rantai masih dalam keadaan hangat. Hal ini agar pelumasan bisa maksimal. Gunakan pelumas husus buat rantai agar lebih mantep.

2. Gunakan sikat lembut untuk melumasinya. Dan jangan lupa gunakan penampung di bawah rantai agar pelumas rantai tidak berceceran kemana - mana. Menggunakan sikat selain berpungsi untuk meratakan pelumas, berpungsi juga untuk membersihkan rantai dari debu atau kotoran yang menempel.
Kebanyakan orang melumasi rantai langsung di tumpakan ke rantainya. Hal tersebut kurang efektif karena membuat pelumas tercecer kemana - mana. Yang menjadikan pekerjaan kita malah bertambah. Jadi gunakanlah sikat.

3. Setelah bener - benar rata biarakan beberapa lama sampai tidak ada lagi pelumas yang menetes. Tujuannya biar tidak kotor kemana - mana, Biar ga kerja dua kali.

4. Setelah rantai dilumasi dan setelah tidak ada lagi yang netes, motor anda bisa di cuci biar tetap kinclong.
Pastikan tidak ada lagi pelumas yang bisa menetes karena bisa jadi mengotori kendaraan anda yang sedang di cuci. Atau halaman tempat anda mencuci motor.


5. Lakukan Pelumasan rantai motor anda secara teratur sesuai dengan kegiatan jarak tempuh anda.


Sekian tips Melumasi Rantai Motor ala MasRozak dot COM. Semoga bermanfaat ikuti tips lainnya Tips Bepergian di Musim Hujan


Sumber Rujukan :
Koran Kompas

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Melumasi Rantai Motor"

  1. Iya mang...dalam merawat motor kita harus memperhatikan hal-hal seperti yg mang sebutkan. Jangan seperti saya, motor jarang di rawat dan di mandiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anu penting mah kang anu punya motorna mandi. hehehehe

      Hapus