Custom Search

Tips Makan MasRozak

Makan adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindarkan. Semua mahluk hidup begitupun manusia perlu yang namanya makan.
Manusia tanpa makan paling hanya bertahan 2 minggu saja.
Nah berikut ini masrozak dot com ingin berbagi tips makan. Untuk apa berbagi tips makan? Ya supaya kita mengetahui cara makan yang baik menurut masrozak dot com.

Info Menarik Lainnya Ilmuwan Indonesia Yang Lahir Lagi, Kesetrum Bisa Bikin Makin Pinter, Tanda Tubuh Terkena Inspeksi

 

Tips Makan  MasRozak

 

1. Sebelum Anda Makan Cuci Tangan Dulu

 

Meskipun anda merasa besih, tapi sebaiknya cuci dulu tangan anda sebelum anda makan. Tangan kita banyak sekali bersentuhan dengan berbagai benda. Kita tidak tau berapa banyak kuman yang menempel pada tangan anda sebelum anda makan. Maka dari itu cuci tangan sebelum makan.
Bagi yang menggunakan sendok, sumpit dll tetep harus mencuci tangan terlebih dahulu karena tangan pasti bersentuhan dengan sesuatu yang mungkin akan masuk keperut. Seperti sendok itu sendiri atau gelas buat kita minum.
Hal ini cuci tangan sebelum makan di anjurkan loh oleh nabi kita. Itukan anrtinya jika kita lakukan akan bernilai ibadah. Makan ya kenyang terus di kasih pahala siapa yang g mau coba.

2. Setelah Anda Cuci Tangan tidak Ujug - Ujug Makan Begitu Saja

 

Setelah Anda Cuci Tangan tidak Ujug - Ujug Makan Begitu Saja. Berdoalah terlebih dahulu. Kenapa harus berdoa dulu?
Pertama sebagai tanda syukur kita telah bisa makan hari ini siapa tau besok ga bisa makan lagi kan.
Keduanya dengan berdoa menjadikan kita selalu inget sama yang maha pemberi rizki, pemberi kehidupan ini.
Biar kita tidak sombong. Coba aja kalo kita di kasih sakit gigi jangankan makan denger orang pletek pletekan garpu ke piring aja pengen ngehajar. Maka dari itu besyukur dan berdoa sebelum makan menjadi hal yang cukup bagus dilakukan.


3. Jangan Dimakan Dengan Piringnya


Nah ini dia jangan sampai kita makan terus piringnya juga ikut di makan. Ya maksudnya sih janganlah berlebihan dalam makan. Ingat berlebihan makan akan menyebabkan banyak penyakit, seperti kegemukan dan kalo udah kegemukan akhirnya bisa jantungan, bisa kolesterol dll
Selain itu juga kebanyakan makan tidak disukai oleh Alloh, selain pada akhirnya tidak di sukai istri karena jatah istri juga di makan. hehehehe
Ingat nih ”Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (al-A’raf ayat 31).

4. Jangan Ribut Saat Makan

 

Orang tertentu ada yang makannya itu ribut baik dalam artian bunyi ceplak ceplak saat ngunyah atau memang ribut tidak jelas seperti banyak bacok g karuan. Kalo banyak bicara ga karuan ribut ga karuan bisa - bisa makannya ga jadi malah ribut, udah ribut bisa terjatuh deh kalo udah jatuh bisa terluka. Wduh kan kalo udah luka kudu ke dokter. Oia Kalo punya luka ingin di rawat sendiri ikuti tips merawat luka ini. Hahaha
Jadi ngawur kemana - mana ya.
Pokonya makanlah dengan tenang supaya bisa menikmati makan yang sedang di santap.


5. Makanlah Sambil Duduk

 

Saat ini sudah lumrah pesta - pesta yang menyajikan menu makanan dan dimakan sambil berdiri dan jalan - jalan, Tapi sebaiknya jika makan adalah duduk.
Duduk saat makan selain menghidari tumpah, saat makan tubuh andapun akan siap dimasuki makanan. Kalo udah siap di masuki makan makanpun akan lebih nikmat. Lambung tidak terpaksa disimakan.
Adab makan yang baik adalah sambil duduk. Begitulah nabi kita mencontohkan.

6. Setelah Makan Maka Minumlah

 

Minum adalah menjadi hal yang sangat penting dan baik setelah makan selain bisa melarutkan sisa makanan minum juga bisa menyegarkan dan menambah elektrolit dalam tubuh kita. Minumlah dengan menggunakan gelas ya jangan menggunakan teko atau ember. :D jagan minum terlalu banyak karena bisa muntah.
Ingat manusia tanpa minum sedikitpun akan meninggal dalam hitungan hari.

7. Berdoa Kembali dan Cuci Tangan Kembali


Setelah anda selesai makan maka bedoalah, sebagai bentuk syukur telah berhasil makan. Ya harus dilakukan karena bisa jadi saat makan anda tersedak dan masuk rumah sakit.
Atau mungkin saat nada makan bisa jadi ga habis karena di sebelah ada maling. Terpaksa juga kan makan di hentikan dan mengejar maling.
Maka dari itu kita perlu bersyukur kembali telah berhasil makan.
Dan jgn lupa cuci tangan karena tangan anda sudah kotor dengan makanan. Sebaiknya bersihkan tangan anda.
”Barangsiapa tertidur sedang di kedua tangannya terdapat bekas gajih, lalu ketika bangun pagi dia menderita suatu penyakit, maka hendaklah dia tidak mencela melainkan dirinya sendiri”.



Sekian Tips Makan  MasRozak. Semoga menjadi inspirasi

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Tips Makan MasRozak"

  1. Berdoa sebelum makan itu yang kadang dilupain orang, begitu ada makanan, tahunya langsung serbu aja makanannya hehe. Makan secara berlebih pun udah lumrah saat ini, padahal Allah kan tidak suka sesuatu yang berlebihan. Satu lagi yang lumrah: makan sambil berdiri (idem sama tips kelima di atas). Kalo lagi di jalan, kadang kita temuin banyak orang yang makan atau minum sambil berdiri (terdorong keadaan), padahal semestinya sambil duduk ya.

    Mantap deh tips-tipsnya :D thanks for sharing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @bener kebisaan itulah yang harus di rubah biar berkah
      @kalo mau nambah silahkan

      Hapus