Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bank Syariah Berbagai sumber

Ekonomi syariah semakin berkembang, terbukti dengan banyaknya bank konvensional yang membuka cabang syariah, di berbagai tempat. Mungkin pada saatnya nanti perbankan syariah akan benar - benar tumbuh dengan pesat.
Untuk Itulah pada artikel ini saya ingin membahas pengertian bank syariah.


Sebelumnya anda bisa membaca artikel tentang  Sejarah Pemikiran ekonomi Islam, Filosofi Atau Dasar Berfikit Ekonomi Syariah

Pengertian Bank Syriah dari Beragai Sumber



Antonio dan Perwataatmadja


Kedua orang ini membedakan dua pengertian, yaitu bank islam dan bank yang beroperasi dengan prinsif syariat islam.
 * Bank islam adalah bank yg beroperasi dengan prinsif syariat islam dan tata cara operasinya mengacu pada ketentuan-ketentuan Al-quran dan hadis.
 * Bank yg beroperasi sesuai dengan prinsif syariat islam adalah bank yg dalam beroperasi mengikuti ketentuan syariat islam, khususnya menyangkut tata cara bermuamalat islam.

Menurut Schaik (2001)


Bank islam adalah sebuah bentuk dari bank modern yg didasarkan dari hukum islam yang sah, menggunakan konsep berbagi risiko sebagai metode utama, dan meniadakan keuangan berdasarkan kepastian serta keuntungan yang ditentukan sebelumnya.
 

Sudarsono (2004)


Mengemukakan, bank syariah adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa lain dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang beroperasi dengan prinsip-prinsip syariat.
 

Muhammad(2002) dan Donna(2006)


Bank syariah adalah lembaga keuangan yang beroperasi tanpa mengandalkan bunga dan usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya sesuai dengan prinsip islam.
 

Undang Undang


Undang-undang No. 21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah pasal 1 disebutkan bahwa”Perbankan syariah adalah segala sesuatu yg menyangkut bank syariah dan unit usaha syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melakukan kegiatan usahanya

Demikian Pengertian bank Syariah yang bisa saya rangkum.

Silahkan anda kunjungi juga Sistem Ekonomi Syariah atau  Transaksi dalam Ekonomi Syariah

Posting Komentar untuk "Pengertian Bank Syariah Berbagai sumber"