Custom Search

Pernahkah Anda Gondok?

Gondok memang banyak artinya, mulai ngomong terus tapi ga ada yang merhatika sampai beraksi didepan umum tak ada yang tepuk tangan. wehhhh gondokny tuh di sini.....
Tapi kali ini yang saya akan bahas bukan gondok itu tapi emang goondok asli. Pernahkah anda gondok?

Apa itu Gondok?

Gondok pembesaran kelenjar tiroid yaitu kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak dibawah panggak tenggorokan.
Gondok dibedakan menjadi 2 macam, yaitu gondok beracun dan gondok biasa. Gondok biasa tidak menimbulkan gejala yang serius tetapi jika tidak diobati maka lama kelamaan akan menjadi mengganas atau jadi gondok beracun.

Informasi lain yang bisa anda saksikan Merawat lukaTanda Terkena Inspeksi, Tips Sehat Hari Tua

Penyebeb

Berbeda dari gondok yang saya katakan di atas tadi tanpa perhatian maka gondok disini bisa disebabkan oleh gangguna kelenjar tiroid sehingga tidak bisa mensekresi hrmon tiriod sesuai dengan kubutuhan tubuh.
Berikut adalah penyebab kelenjar tiriod membesar.

1. Kekurangan yodium
2. Penyakit greves, Penyakit gondok kadang - kadang dapat terjadi ketika kelenjar tiroid anda manghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Pada penyakit greves antibodi yang di produksi oleh sistem kekebalan tubuh secara keliru enyerang kelenjar tiroid dan menyebabkan kelebihan produksi tiroksin. Overstimulasi ini menyebabkan tiroid anda mebengkak.
3. Penyakit Hasimoto.
Penyakit gondok juga bisa di sebabkan oleh tiroid kurang aktif. Pembengkakan terjadi karena produksi tiroid sedikit.
4. Gondok Multinodular. Dalam kasus ini benjolan cairan atau padatan terjadi dikeduasisi sehingga seluruh kelenjar mebesar.


Gejala

 Nah setelah pengetahui penyebabnya lalau seperti apa sih gejalanya

1. Sakit tenggorokan
2. Tidak nafsu makan karena sakit tenggorokan
3. Sakit menelan
4. Mulut kering dan tersa tegang
5. Mengunyahpun sakit
6. Malam hari suhu tubuh tinggi
7. Seringa mengalami dengungan di telinga
8. Sakit kepala dan demam.

Ciri -Ciri Gondok Beracun

1. Timbul tonjlan kecil pada tenggorokan kemudian membengkak dan semakin membesar
2. Selera makan menurun drastis
3. Mulut tegang kering, sakit mengunyak
4. Suhu tubuh malam hari panas tinggi

Pencegahan

1. Gunakan garam beryodium
2. Hindari makan kacang-kacangan, kol, stroberi kesemuann itu dapat mengurangi hormon tiroksin
3. Jika gondoknya besar sebaiknya di oprasi
4. Makan makanan laut seperti udang dan kerang karena tinggi yodium

Sekian semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Pernahkah Anda Gondok?"

  1. saya pernah dulu mas kena gondok
    sembuh pake gulao dulu kalo gak salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertamax Plus ada gak mas??
      Biar mesin lebih awet :D

      Hapus
    2. saya inget dulu disaya namanya bualo terus pake nasi nasinya dilempari ke gogog. hehehe

      Hapus
    3. mesin apa nih lebih awet. =D

      Hapus
  2. Kayak tetangga saya tuh mah
    katanya sih gara-gara kurang yodium sebab dulu konsumsi garamnya garam balok

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bitu dia pnyebanya kurang yodium sepertinya orang gunung

      Hapus
  3. Alhamdulillah saya belum pernah kena gondok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah brarti tidak kurang yodium

      Hapus
  4. Penyakit gondok, sekarang ini udah jarang muncul...
    Namun dengan munculnya artikel tentang gondok ini, tentunya sangat berguna dan bermanfaat...
    Salam blogger... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas itu brarti bukti tim kesehatan indonesia berhasil

      Hapus
    2. setidaknya kita mencegah ya mas, dengan membaca artikel ini kemauan untuk mencegah penyakit gondok semakin dilakukan..hehe

      Hapus
    3. Biar laku mas pengusaha garam beryodium. Hehehe

      Hapus
  5. Kalau punya penyakit gondok alhamdulillah belum pernah Mangs, kalau gondoknya tuh di sini kayaknya sih pernah ya, wkwkwkwkwkwkw, eh mang ngomong-ngomong ini ganti alamat blog ya? witwiw.. :) Bubur bodas bubur beureumnya mana dong nih ya? :)

    BalasHapus
  6. pernah Mangs dulu, tapi sekarang nggak mau ah xixixi... merana klo penyakit Gondok, gak bisa kemana2 ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sekarangmah udahbg ada lagi ybmas yang gindok

      Hapus
  7. alhamdulillah mang saya ga pernah gondok, takut juga sih karena gondok itu suka membengkak, semoga saya masih bisa diberi kesehatan, dan s3muanya semoga sehat ya.sehat itu mahal loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiun semiga semuanya sehat selalu stiap hari

      Hapus
  8. saya pernah pas masih kecil,, obat cuma kasih garam kemakanan yang mau dimakan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas itu dia pengobatannya tapi harus yang beryodium

      Hapus