Barisan Bilangan

Barisan bilangan adalah sederetan bilangan yang diatur menurut aturan atau pola tertentu.

Berikut Pembagiannya

1. Barisan Aritmatika dan Barisan Geometri

a. Barisan aritmatika adalah barisan bilangan yang setiap sukunya (kecuali suku pertama) diperoleh dari suku sebelumnya ditambah dengan bilangan tetap yang disebut beda ( b )

U1,U2,U3,U4........Un

a,  a + b,  a+2b,  a+3b, ......, a+(n-1)b

a = disebut suku pertama
b = beda diantara dua suku pertama

Un = a+(n-1)b   ini adalah rumusencari besar suku ke n

2. Barizan geometri adalah barisan bilangan yang setiap sukunya (kecuali sukupertamanya) diperoleh dari suku sebelumnya dikalikan dengan bilangan tetap yang disebut rasio (r)

U1,U2,U3,U4........Un



a, ar,ar2, ar3, ……arn-1
 
a = disebut suku pertama
r = disebut rasio 



Un = a.rn-1


Deret Aritmatika dan Deret Geometri

a. Deret aritmtika adalah jumlah suku pertama dari barisan aritmatika

Sn
=
n
(2a+(n-2)b)
2
  
atau

Sn
=
n
(a + Un)
2
 
b. Deret geometri adalah jumlah n suku pertama dari barisan geometri

Sn = a + ar + ar2 + ar3 + …….+arn-1


Sn
=
a(1-rn)
; r < 1
1-r
 
atau

Sn
=
a(rn-1)
; r>1
r-1
 
 
3. Pola Bilangan Lian

Pola bilangan fobonaci, yaitu pol bilangan yang setiap sukunya ( kecuali suku pertama dan ke dua) diperoleh dari jumlah suku sebelumnya.
2,3,5,8,13,21,..........................

Sekian semoga bisa di fahami.




Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Barisan Bilangan"

  1. kurang mudeng saya klo berhubungan sma matematika :D
    tp ngmong2 blog ini kok udh ada iklan adsenya.. diaprove kapan mang??? hehe kepo nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ada acount byang udah lama di aprove. ternyata di tempel disini bisa ya.

      Hapus
    2. sama saya juga kurang mudeng mas hehe

      Hapus
    3. hhahahahaha di baca lagi mas

      Hapus
  2. Balasan
    1. hahahaha ga juga mas. kebeneran di tanya ya sekalin pinjem bukunya kalo ada yang nanya ya suruh buka disini aja

      Hapus
  3. saya dulu pinter matematika lo mang, tapi sekarang sudah lupa lagi mau belajar lagi deh ah disini. oh iya saya baru ngunjungi blog yang ini loh, pertamax berkunjungnya :D
    udah mulai ternak lo mang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ternak aja ah mang kali aja jadi miliuner. hahahaha

      Hapus
  4. Seperti kembali ke masa lalu, belajar matematika :D
    Wah, janganjangan mas rozak ini pinter matematika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sih ia mas jago pake banget tapi dulu lo ya. saat 1 tambah 1 itu

      Hapus
  5. bikin puyeung kalau sudah urusan rumus mh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan namanya blajar mas nanti jadi bisa. saya juga karena di tanya aja makanya jadi nulis ini

      Hapus